Friday, March 23, 2012

KELAINAN SEXUAL / ABNORMAL SEX

       Kita ngomongin soal kelainan sex yuk!. sekarang ini banyak banget kasus kelainan sex, dari yang secara terang terangan nunjukin ada juga yang secara diam-diam ngelakuinnya. misalnya coba kalian lihat beberapa page dan group di salah satu account jejaring sosial dengan judul atau nama dengan istilah-istilah yang biasa digunain para kaum yang sampai sekarang masih dianggap kaum minoritas itu, contonya 'linez, belok, lesbian, homo, dan lain sebagainya'. atau coba kalian tuliskan istilah-istilah tadi pada google search engine pasti akan keluar beberapa artikel dan forum diskusi yang membahas kasus kaya gini, kelainan sexual khususnya. yang heran topik bahasan tersebut nggak pernah sepi pengunjung walaupun masih dianggap hal yang tabu. kasus kaya gini buat sebagian orang sudah dianggap lumrah tapi buat sebagian yang lainnya ini adalah hal menyimpang dari kaidah agama dan norma-norma yang ada. jadi nggak sedikit pro-kontra yang terjadi.

Kelainan SEX penyakit bukan?

      pasti banyak diantara kalian bertanya-tanya 'kelainan sex itu penyakit bukan sie?'. dalam psikologi kelainan sex merupakan penyakit psikologi dimana penderita mengalami ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam tubuh misalnya wanita yang memiliki
kelebihan hormon testosteren yang menyebabkan hasrat kelaki-lakiannya lebih dominan dibanding sifat feminim dan sebaliknya. *(jangan percaya gw cuma ngarang hahaha :-D ). sebenarnya dalam dunia psikologi kelainan sex merupakan salah satu prilaku menyimpang dimana dari kasus diatas merupakan salah satu penyebab terjadinya penyimpangan tersebut. misalnya kita ambil contoh seorang remaja pria yang memiliki sikap lebih feminim dari remaja pria lainnya, cenderung lebih menyukai hal-hal yang berbau feminim dan lebih gemulai dya akan bertanya pada dirinya 'normalkah saya?' dan ketika pertanyaan itu muncul hal itu sudah menjadi sebuah sugest bahwa sebagian dari dirinya merupakan hal yang tidak normal, disini gejala penyimpangan tersebut mulai terjadi. ada banyak faktor yang menyebabkan kelainan sex tidak hanya faktor hormonal tapi juga beberapa faktor lainnya. yuk kita bahas lagi! tapi sebelumnya kita liat dlu macam-macam kelainan sex.

Jenis kelainan SEX
  1. Homoseksual : yaitu kelainan sex dimana seseorang menyukai sesama jenis. pada pria disebut gay dan lesbi pada wanita.
  2. Eksibisionisme : yaitu kelainan seks yang suka memperlihatkan organ kelamin kepada orang lain yang tidak ingin melihatnya dan juga suka melakukan autoeroticism (praktek seksual merangsang diri sendiri atau masturbasi) sambil memperlihatkannya kepada orang lain. 
  3. Transvestic fetisisme : Gangguan ini dicirikan dengan laki-laki heteroseksual yang mengenakan pakaian perempuan untuk mencapai respons seksual. Gangguan ini dimulai pada saat remaja dan masih diam-diam (tanpa ingin diketahui orang lain), dan kemudian saat beranjak dewasa mulai berpakaian perempuan lengkap dan di depan umum. Sebagian kecil laki-laki dengan transvestic fetisisme mungkin mengalami dysphoria (ketidakbahagiaan dengan jenis kelamin aslinya), yang kemudian melakukan pengobatan hormonal atau operasi pergantian kelamin untuk membuat mereka hidup secara permanen sebagai perempuan. 
  4. Frotteurisme : Orang dengan gangguan ini sering menggosok-gosokkan organ kelaminnya kepada orang lain yang tidak menginginkannya. Perilaku ini sering dilakukan pada saat sibuk, di tempat ramai seperti dalam bus atau di kereta yang penuh sesak.
  5. Pedofilia : Pedofilia melibatkan aktivitas seksual dengan anak kecil, umumnya di bawah usia 13. DSM-IV-TR mendeskripsikan kriteria orang dengan pedofilia berusia diatas 16 tahun, dan setidaknya 5 tahun lebih tua dari si anak yang dijadikan obyek seksualnya. Orang dengan pedofilia bisa tertarik dengan anak laki-laki atau perempuan, walaupun hampir dua kali lipat ketertarikan lebih banyak pada anak laki-laki. Biasanya orang dengan gangguan ini mengembangkan prosedur dan strategi untuk mendapatkan akses dan kepercayaan anak-anak. 
  6. Seksual masokisme : Masokisme adalah istilah yang digunakan untuk kelainan seksual tertentu, namun yang juga memiliki penggunaan yang lebih luas. Gangguan seksual ini melibatkan kesenangan dan kegembiraan yang diperoleh dari rasa sakit pada diri sendiri, baik yang berasal dari orang lain atau dengan diri sendiri. Gangguan ini biasanya terjadi sejak kanak-kanak atau menginjak remaja yang sudah mulai kronis. Orang dengan gangguan ini mencapai kepuasan dengan mengalami rasa sakit.
  7. Voyeurism : Voyeurisme adalah paraphilia di mana seseorang menemukan kenikmatan seksual dengan menyaksikan atau mengintip orang yang telanjang, membuka baju, atau melakukan seks. Gangguan ini terjadi pada laki-laki dan yang menjadi obyek biasanya orang asing. Orang dengan voyeurisme atau voyeur berfantasi melakukan hubungan seks dengan korbannya, tetapi ia tidak benar-benar melakukan itu. Voyeur mungkin mengintip orang asing yang sama berulang-ulang, tapi jarang ada kontak fisik. 
  8. Bestialitas : Bestialitas atau zoophilia adalah istilah yang menggambarkan perasaan atau perilaku seks yang melibatkan hewan. Perasaan seksual orang dengan bestialitas mungkin berfokus pada hewan piaraan seperti anjing, atau hewan ternak seperti domba atau kambing. 
  9. Necrophilia : istilah yang menggambarkan perasaan atau perilaku seksual melibatkan mayat.
  10. Sodomi adalah hubungan seks yang dilakukan melalui anus. Anus hampir dapat disamakan dengan lubang (maaf) vagina karena memiliki rektum, yaitu bagian usus besar yang terletak dekat anus. Sodomi beresiko tinggi terhadap kesehatan karena anus merupakan tempat berkumpulnya bakteri.
  11. Incest adalah suatu hubungan seksual dengan pasangan yang masih mempunyai pertalian darah. Hanya karena rasa ketakutan dan ingin mendapatkan perhatian kasih sayang dari orang tua atau kakaknya, seorang anak atau remaja mau melakukan perbuatan ini. Biasanya faktor lingkunganlah yang mempengaruhi kelainan ini, yaitu karena adanya rasa cinta yang mendalam sebagai anggota keluarga. 
  12. Hiperseks adalah seseorang yang selalu ingin melakukan hubungan seksual sesering mungkin. 
  13. Triolisme adalah penderita kelainan seksual yang akan memperoleh kepuasan seksual jika saat melakukan hubungan seksual dengan pasangannya dilihat oleh orang lain. Triolisme dapat juga diartikan sebagai hubungan seksual yang dilakukan oleh satu perempuan dengan tiga laki-laki.
  14. Hermaphrodite diambil dari dewa Yunani yaitu Hermes dan Aprodite yang artinya setengah laki-laki dan setengah perempuan. Orang tersebut sudah terlahir dengan mempunyai 2 jenis kelamin yang pada hakikatnya hanya ada satu yang berfungsi sebenarnya.Hal yang mungkin dilakukan adalah dengan menjalani terapi hormon untuk merangsang pertumbuhan sifat dan ciri-ciri sebagai laki-laki atau perempuan.
Penyebab kelainan sex
  • Hormonal

    hormonal atau faktor hormon, seperti yang kita bahas diatas ketidakseimbangan hormon jadi salah satu penyebab. kelebihan atau kekurangan salah satu hormon merupakan hal yang terjadi secara ilmiah dan terbentuk seiring perkembangan tubuh seorang anak. hanya saja kadang terjadi ketidakseimbangan tersebut yang menyebabkan anak laki-laki bersikap feminim atau anak perempuan yang bersikap gentleman. sebenarnya ini merupakan hal yang lumrah dan sering terjadi tergantung dari sikap orang tua bisa memberikan pemahaman terhadap anaknya soal kondisi tersebut atau tidak. setiap wanita pasti memiliki sikap maskulin pria dan setiap pria pasti memiliki sifat lembut wanita dan semua cuma diukur dari seberapa dominan. 
       nah karna ini masalah hormonal biasanya kasus kayak gini keluar tanda-tandanya saat remaja, dimana saat seorang anak sedang mencari jati dirinya. kurangnya pemahaman anak yang membuat dy cepat memfonis dirinya sendiri dan itu menyebabkan terbentuknya mindset yang membuat prilaku menyimpang semakin nyata terjadi pada anak tersebut.
  • Lingkungan
     nah ini nie faktor yang paling dangers, faktor lingkungan. lingkungan merupakan hal yang paling besar punya andil dalam masalah kelainan. kita ambil contoh seorang anak normal yang berteman sama dengan anak yang abnormal dalam arti punya kelainan sex 'homosex' ( kta pake contoh homoseksual dlu ya, walaupun sebenernya kelainan seksual itu bukan cuma homo). sebutlah yang normal A dan yang abnormal B. B menceritakan soal kehidupannya, gimana temen-temen abnormalnya, gimana pasangannya, gmana mereka pacaran, gimana B ngumpul bareng sama temen-temen kaumnya. setelah itu A antusias dong setiap hari dengerin cerita B yang juga antusias, penasaranlah si A. A penasaran, diajaklah sama B ikut ngumpul sama temen-temen B yang lain. seru, si A ngerasa asik ada disana, mereka fun dan bebas. dan yang paling sering terjadi adalah pikiran bahwa mereka bisa mencoba melakukan hubungan sex tanpa takut resiko kehamilan yang terjadi. si A merasa nyaman ada dilingkungan itu dan pasti akan berfikir gimana caranya biar bisa tetep ngerasain kesenangan itu. dan sala satu caranya adalah dengan menjadi sama seperti mereka. ditambah kalau si A sudah ikut mencoba melakukan hubungan sesama jenis. pasti A merasa ketagihan dan ingin lagi dan lagi ngelakuinnya. 
          sekarang ini siapa yang bisa pungkirin sex merupakan kenikmatan dunia yang semua orang mau. siapa coba yang ga doyan sex?. pertanyaannya kadang kita berfikir apa enaknya sie jeruk makan jeruk? coba aja kalian cobain pasti kalo udah kena kalian juga ketagihan koq, dan masalahnya udah bukan masalah hasrat alamiah lagi karena di otak udah terbentuk mindset dan ngasih tau dimemori alam bawah sadar kita gimana enaknya ngesex sama sesama jenis. itu yang bikin orang yang udah kejerumus dalam suatu lingkungan penyuka sesama jenis sulit keluar dan merasa kecanduan. dan cenderung enggan untuk memulai hubungan dengan lawan jenisnya. *so, jangan coba-coba.
  • Gaya Hidup
        Gaya hidup, yang ini pasti pada bingung masa gaya hidup bisa bikin kelainan seksual. gaya hidup yang kaya gimana?, ayo kita bahas. pernah denger istilah bisa karna terbiasa? istilah ini berlaku untuk universal, segala hal bisa terjadi karna terbiasa. disebut kebiasaan atau gaya hidup. sudah tau dong kelainan kelainan yang ada diatas beberapa hal terjadi karena adanya kebiasaan-kebiasaan menyimpang misalnya suka ngintip orang ML, pake baju-baju perempuan, atau melakukan hubungan sex yang aneh-aneh. kalo untuk kasus melakukan hubungan sex dengan gaya yang aneh-aneh itu pasti karna kebiasan koleksi video bokep. kebanyakan nonton film blue kaya gitu bisa nyebabin alam bawah sadar kita menciptakan fantasi-fantasi baru yang meningkatkan gairah seksual kita. bener nggak? contoh kecil misalnya kalau abis nonton bokep pas nonton sie biasa aja cuma gitu-gitu doang tapi pas kita lagi bengong sendirian dikamar nginget-nginget adegan bokep tadi pasti badan rasanya langsung aneh. rasa ada yang bergejolak keluar dan ga bisa ketahan. kalo udah sange segala cara dilakuin buat ngilanginnya yang kadang diluar akal sehat. hahaha :D
  • Pola Pikir
       Pola pikir atau mindset itu hal yang paling penting. banyak kasus yang terjadi seseorang mengalami penyimpangan psikologi hanya karena pola pikirnya sendiri yang terlalu cepat memfonis dirinya.
       Ada beberapa kasus yang pernah gw alamin, mereka dateng ke gw entah itu cewek atau cowok mereka dateng dengan ngeluhin macem-macem hal. pokonya macem-macem deh alesan mereka yang intinya mereka cuma mau tahu atau nanya ke gw, 'gw normal ga sie atau gw homo ga sie?' dengan semua kejadian dan keanehan yang mereka alamin misalnya cewek 'koq gw nyaman banget ya kalo sama si A(cewek juga) gw tuh ga mau jauh-jauh sama dy. dan belakangan ini gw suka deg-degan kalo deket dy'. atau cowok yang cerita 'koq gw suka agak napsu ya kalo liat si B(cowok juga) ngomong, gw napsu ngeliat bibirnya'. biasanya kalo cowok yang ngomong kaya gitu duduk disebelah gw, gw langsung sedikit geser duduknya *hahaha :D.... dan kalau cewek biasanya tanpa pikir panjang gw langsung kasih solusi " lo mau liat  gw buka baju ga?" hahahahaha :D.. bener dong gw, kalo dy cowok yang napsu cowok sie bahaya kan gw deket-deket tar jadi napsu sama gw repot urusannya. nah kalo cewek gw tinggal buka baju, ngeliat gw bugil dy napsu engga... hahahaha *engga gitu juga kali yang ada kabur tuh cewe.
          intinya sie jangan terlalu cepet ambil keputusan. nyaman ada disamping seseorang itu bukan berarti kita punya hasrat lebih sama dy. dan dalam pertemanan itu hal yang lumrah kadang gw juga suka cemburu koq kalo tiba-tiba temen deket gw jauh dan lebih asik sama orang lain. itu hal yang wajar. dan kalau untuk kasus cowok, biasa ni cowok itu punya hasrat sex lebih daripada cewek jadi kadang imaginasinya udah menjurus kearah sex aja. ngeliat bibir temen sendiri sexy becek pengennya nyipok aja. dasarnya emang lo nya aja lagi sange imagine lo tuh bibir sexy banget lupa kalo tuh bibir-bibir cowok. hahaha :D... OK!! positive thinking aja dlu. pada dasarnya homosex itu bukan kelainan tapi pilihan. 
  • Traumatik
         Nah yang ini nie kasus yang banyak terjadi, masih inget sama seorang artis yang ngaku bahwa dy guy karna dulu pernah disodomi sama omnya?. kasus kaya gini sering banget terjadi bahkan nggak sedikit temen yang dateng ke gw nggak ada angin nggak ada ujan ngakuin dy gay atau lesbian karna dulunya pernah diperlakuin kurang sopan semasa kecilnya arti kata mengalami pelecehan sexual. sifat dasar manusia memang punya rasa traumatik terhadap sesuatu. dan biasanya sifat traumatik itu semakin meningkat seiring pertumbuhan.
        Nggak banyak hal yang bisa gw bahas soal traumatik ini, karena setiap kali ada temen yang dateng cerita masalah traumanya gw harus muter otak buat memberikan solusi dan melihat tingkat trauma yang dialamin. dan nggak jarang juga gw cuma jadi pendengar dan berakhir dengan ucapan 'coba lo konsultasiin sama psikiater' karena gw cuma psikolog bukan ahli jiwa.



         kayanya udahan dulu sampe sini masalah kelainan sex, gw udah cape ngetik dan kebetulan udah nggak tau mau nulis apa lagi. dan kalo untuk penyembuhannya buat masalah kelainan sex ini cukup kembali kediri sendiri sie. tetep hal yang paling baik adalah melakukan pencegahan. see you next problem.

8 comments:

  1. bener banget ni
    keren banget artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanx atas kunjungannya
      tunggu artikel selanjutnya

      Delete
  2. kalo gue pernah baca ada kelainan seksual yang suka makan kotoran pasangannya itu kelainan apa ya?
    jiji banget
    manusia kadang aneh2 aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh iya kalo yang itu namanya coprophagia...
      dy mendapatkan ransangan dan sensasi seksual sendiri dengan makan kotoran... hahaha

      Delete
  3. Hadeuh kelakuan yang terkutuk...
    mantap artikelnya bro, jadi bisa ati hati

    ReplyDelete
  4. menarik nih mau membuat artikel tentang seksualitas, tapi ya klo mau bikin tulisan diupdate dulu dong wawasan dan informasinya. homoseksualitas kan udah dari dulu banget tidak dikategorikan dalam DSM maupun PPDGJ. lagipula sumbernya juga kayaknya masih ga jelas :)

    salam pena

    ReplyDelete
  5. menurut gw sh co normal/tulen ga bakalan mungkin suka ma cowo biar lingkungannya orang2 gay,menurut gw orang bisa jadi gay/lesbi memang dasar dalam hatinya ada kelainan yang menyimpang(perasaan suka sejenis sejak kecil) hingga ketika orang2 bermasalah itu sedang berada di lingkungan yg bermasalah sehingga penyakitnya yang tadinya ga muncul jadi muncul deh dan makin jadi(sesuai pengalaman :D)

    ReplyDelete